Senin, 02 Januari 2012

Profil Desa

Posted by kalipucangkulon On 03.39 No comments

 Desa Kalipucang Kulon adalah desa yang terletak di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Topologi Desa Kalipucang Kulon adalah daerah dataran rendah dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, dan dengan suhu udara rata-rata 22′C – 24′C. Sedangkan luas wilayahnya secara administratif adalah 292.800 Ha

Desa kalipucang di Kecamatan Welahan ada dua yaitu Desa Kalipucang Kulon dan Kalipucang wetan. Desa yang letaknya di sebelah barat (kulon) jalan raya gotri welahan disebut Kalipucang Kulon sedangkan di sebelah timur (wetan) disebut Kalipucang Wetan.

Batas-batas geografis wilayah Desa Kalipucang Kulon adalah sebagai berikut :
  • Sebelah Utara     :  Desa Teluk Wetan dan Kalipucang wetan.
  • Sebelah Selatan  :  Desa Gidangelo
  • Sebelah Barat     :  Desa Sidi Gede dan Kendeng Sidi Alit ( Sidi Cilik)
  • Sebelah Timur     :  Desa Kalipucang Wetan.
Untuk jarak dari pusat pemerintahan Desa Kalipucang Kulon berjarak :
  • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan : 1 Km
  • Jarak dari Ibukota Kabupaten/Kotamadya dati II : 20 Km
  • Jarak dari Ibukota Propinsi : 45 Km
  • Jarak dari Ibukota Negara : 500 Km
Desa Kalipucang kulon yang dari segi wilayah cukup luas, sehingga terbagi menjadi lima dusun yaitu Jeruk wangi, Karang rejosari (dulu Karang malang), Batang warak, Dukuh lor dan Dukuh kidul. Dengan adanya dusun-dusun tersebut sehingga perangkat desa untuk mengatur infrastruktur pemerintahan agar berjalan dengan baik dan benar.

Desa yang letak geografisnya lebih cukup strategis ini ternyata memiliki ciri khas tersendiri yaitu pusat pabrik pembuatan batu bata. Mata pencaharian penduduk Desa Kalipucang Kulon sebagian besar adalah sebagai Pembuat Batu Bata (75.66%), dan sebagian lainnya bekerja sebagai Karyawan (3.18), Wiraswasta (3.14%), Pertukangan (4.02%), Pegawai Swasta/ Sipil (10.00%) dan Petani (13.44), sisanya adalah Pensiunan (0.55). (as)

0 komentar:

Posting Komentar